Model Pembelajaran Make A Match

MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH





    Model Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dirancang atau dikembangkan dengan menggunakan pola pembelajaran tertentu untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
    Salah satu model pembelajaran yang menarik dan dapat diaplikasikan dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, terutama untuk materi menyusun kata menjadi kalimat atau kalimat menjadi paragraph adalah model pembelajaran Make A Match.
    Penerapan model Pembelajaran Make A Match adalah mencari pasangan.Model pembelajaran ini dikembangkan oleh Lorna Curran. Salah satu keunggulan dari model pembelajaran Make A Match ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.
Langkah-Langkah Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Make A match
Berikut ini kami mencoba menerapkan Model Pembelajaran Make A match dalam pembelajaran Procedure text.
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk  
     sesi       review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2. Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
4. Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Pemegang kartu yang bertuliskan      penggalan kalimat prosedur A akan berpasangan dengan kalimat berikutnya yang dipegang oleh            siswa  di kelompok lain yang memegang kalimat prosedur B dan seterusnya.
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
6. Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat  menemukan              kartu   soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati bersama.
7. Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda 
    dari sebelumnya,  demikian seterusnya.
8. Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok.
9. Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris

Materi dan Soal Narrative Text dalam Bentuk Fairytale

WRITING SKILL (KETERAMPILAN MENULIS) AGREEMENT AND DIASGREEMENT