Contoh RPP Bahasa Inggris satu lembar

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                              : SMPN 1 Cireunghas

Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                  : IX/I

Materi Pokok                     : Teks Interaksi Interpersonal;

                                              Menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi

Alokasi Waktu                   : 4 Jam Pelajaran @40 Menit

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  Menirukan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

  Mengidentifikasi ungkapan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dari teks yang dibaca

  Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.

  Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.

  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

B.   Media Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar

 Media                  : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian

 Sumber Belajar  : Buku Bahasa Inggris Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016

  C.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

 

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

Critical

Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu

kebahagiaan dan prestasi.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

 

Communication

Peserta  didik  mempresentasikan hasil  kerja  kelompok  atau  individu  secara  klasikal,  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Ungkapan- ungkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.   Penilaian Hasil Pembelajaran

-    Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

-     Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan     penilaian portofolio

 

 

Cireunghas, 21 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMPN 1 Cireunghas                                            Guru Mata Pelajaran

 

 

Asep Bayu Asriadi,M.Pd                                                Dodi Saputra, S.Pd

           NIP 19620328191984031007                                           NIP 198105062011011002

 

Lampiran-Lampiran

Complete the sentences with the word in the box!

Wish                        congratulation                        did                          

wish                        happy                                      hope

 

1. I wish you will be better soon

2. Wonderful. You did it

3. We always hope the best thing for you.

4. Wish you happy all the time

5. Congratulation. You can deserve it

6. Yanti is the best. I am happy to hear that.

Kunci-kunci

1. Wish

2. Did

3. Hope

4. Wish

5. Congratulation

6. Happy

Rubrik Penilaian

No

Keterangan

Skor

1

Jawaban benar

2

2

Jawaban salah

1

3

Tidak menjawab / kosong

0

 

 

 

 

 

 Pedoman Penilaian

                     Skor Maksimal          : Jumlah soal x Skor Tertinggi =    6 x 2 = 12

                     Nilai                          : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris

Materi dan Soal Narrative Text dalam Bentuk Fairytale

WRITING SKILL (KETERAMPILAN MENULIS) AGREEMENT AND DIASGREEMENT